March 22, 2022 7 Kiat Penting Memutuskan untuk Kuliah atau Bekerja

7 Kiat Penting Memutuskan untuk Kuliah atau Bekerja

Menjelang detik-detik duduk di bangku SMA, Anda memang harus segera memutuskan untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Pasalnya, SNMPTN biasanya diadakan pada awal tahun untuk menjaring calon mahasiswa dari segi potensi prestasi baik akademik dan non akademik. Selain itu, Anda bisa mengikuti program SBMPTN bila gagal masuk jurusan favorit di PTN lewat jalur tersebut. Bila keduanya gagal, Anda tidak boleh menyerah lebih dulu sebab bisa memilih melanjutkan pendidikan di universitas swasta di Bandung memiliki reputasi bagus.

Pertimbangan Memilih Kuliah Setelah Lulus SMA/Sederajat

Anda yang ragu memilih untuk kuliah atau bekerja setelah lulus SMA/Sederajat, sebaiknya pertimbangkan kiat memilih kuliah berikut :

1. Tanyakan pada keinginan diri sendiri

Ada baiknya Anda menanyakan pada diri sendiri lebih dulu mengenai keinginan masa depan. Setelah usia 18 tahun atau lulus SMA, Anda berhak mulai menata masa depan sendiri. Namun, pertimbangkan saran dari orang tua, guru atau orang yang sudah berpengalaman agar Anda tidak salah ambil keputusan.

2. Jangan mengambil kuliah karena ikut-ikutan

Jangan memaksakan diri kuliah hanya ikut-ikutan teman saja, misalnya kuliah di kampus A sebab sahabat mengambil jurusan kuliah di sana. Anda harus mempertimbangkan banyak faktor sebab kuliah yang berjalan empat tahun bukan waktu yang singkat, lho!

3. Kuliah bukan paksaan orang tua

Bila Anda harus kuliah karena paksaan orang tua, maka tunda rencana tersebut. Anda harus memilih kuliah berdasarkan pertimbangan keinginan, minat dan passion dalam diri. Tidak ingin kuliah tahun ini sebab Anda ingin mendapatkan pengalaman bekerja atau mengikuti kursus, sah-sah saja. Jangan jadikan paksaan dari orang tua membuat Anda mengambil kuliah karena tertekan, tidak minat atau hanya menyenangkan hati orang lain.

4. Hindari kuliah karena alasan tidak baik

Ada alasan yang acap dijadikan seseorang ambil kuliah, misalnya malas bekerja, ingn menikmati hidup yang lebih bebas atau hal-hal buruk lain. Jadikan kuliah sebagai motivasi Anda untuk mendapatkan lebih banyak wawasan, pengalaman dan menambah relasi yang bisa berdampak bagus bagi karir serta masa depan nanti.

5. Pertimbangkan jurusan kuliah yang tepat

Jangan lupa untuk melakukan riset lebih dulu dan memilih jurusan kuliah yang tepat. Hal ini berguna untuk mendukung Anda menyelesaikan kuliah tepat waktu berdasarkan minat dan rasa senang.

6. Pilih universitas yang berkualitas

Pilih universitas di Bandung yang memiliki kampus dan fasilitas yang berkualitas untuk mendukung proses belajar Anda bertahun-tahun. Tidak hanya universitas negeri saja yang memiliki popularitas tinggi, Anda bisa memilih universitas swasta yang memiliki rekam jejak bagus dari segi akreditasi, jurusan kuliah, tenaga pendidik profesional, profil lulusan, dan lain-lain.

7. Pastikan finansial memadai

Universitas swasta di Bandung yang murah bisa menjadi pilihan kuliah untuk Anda yang ingin kuliah dengan finansial terbatas. Finansial orang tua yang sesuai kemampuan membayar biaya per semester harus menjadi patokan utama. Bila calon mahasiswa berasal dari golongan kurang mampu, maka dapatkan potensi beasiswa untuk Anda yang memiliki prestasi dan memenuhi persyaratan yang berlaku.

Kuliah universitas swasta di Bandung yang memiliki kualitas bagus bukan sekadar mimpi belaka sebab Anda bisa kuliah dengan biaya per semester yang sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan lebih banyak wawasan, keterampilan dan relasi luas untuk meningkatkan peluang karir lebih bagus. Lulusan sarjana menjadi syarat pendidikan terendah di berbagai lowongan perusahaan bonafit dewasa ini, lho!

Mau memilih jurusan di bidang keguruan, ekonomi bisnis atau pertanian, sesuaikan saja dengan minat Anda masing-masing. Memiliki keterampilan yang bagus akan mendukung lulusan memiliki portofolio yang bagus saat melamar kerja atau menciptakan lapangan pekerjaan baru. Yuk, segera daftarkan diri Anda di universitas swasta terbaik sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.