August 4, 2022 Cara Menabung Untuk Berangkat Umroh

Cara Menabung Untuk Berangkat Umroh

Untuk Anda yang berencana pergi ibadah umroh maka tentunya di sini harus mempersiapkan biaya. Ada banyak sekali paket umroh yang bisa digunakan, seperti contohnya paket umroh Desember. Namun tentunya hal tersebut akan sangat percuma jika Anda belum memiliki biaya untuk membayarnya.

Biaya yang perlu untuk Anda persiapkan untuk berangkat umroh diantaranya seperti biaya akomodasi, biaya yang dibutuhkan saat berada di Mekkah, serta biaya lainnya. Biaya umroh sendiri berkisar di atas 20 juta. Dengan jumlah yang tak sedikit tersebut pastinya Anda membutuhkan waktu saat ingin pergi umroh. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk Anda menabung agar bisa pergi umroh.

Bagaimana Cara Menabung Untuk Berangkat Umroh?

Sisihkan 20% hingga 50% pendapatan

Jika di sini Anda ingin cepat menunaikan ibadah umroh ke tanah suci Mekkah, pastinya Anda harus berkorban lebih banyak. Seperti contohnya dengan Anda menyisihkan sebanyak 20% dari pendapatan tetap, atau jika bisa Anda dapat menabung hingga 50% dari pendapatan total Anda setiap bulannya.

Jika hal itu dilakukan dengan cara rutin maka tentunya uang untuk Anda pergi umroh akan bisa terkumpul dalam waktu cepat. Anda dapat mengatur sendiri sesuai dengan kemampuan anggaran. Yang jelas Anda harus memprioritaskan lebih dahulu kebutuhan pokok sehari-hari.

Maliki Rekening Khusus Untuk Tabungan Umroh

Menabung di rekening sendiri mungkin akan lebih fleksibel dan bebas, tapi jika di sini Anda ingin lebih teratur lagi di dalam menabung untuk ibadah umroh maka sebaiknya Anda membuka rekening khusus untuk biaya umroh tersebut. Biasanya bank yang menyediakan jenis rekening ini adalah bank syariah.

Dengan memakai jenis rekening tabungan tersebut maka Anda bisa menentukan berapa jumlah dana yang nantinya ingin Anda capai, selanjutnya besaran dana yang perlu dibayar tiap bulannya dan jangka waktu target tercapai. Sehingga Anda pun bisa terhindar dari kebiasaan malas dan lupa menabung.

Pembiayaan Umroh

Ada cara lain yang dapat digunakan jika di sini Anda tidak ingin menunggu saat pergi beribadah umroh yaitu dengan memakai pembiayaan umroh. Jenis pembiayaan tersebut memungkinkan bagi Anda untuk pergi umroh lebih dahulu sebelum melunasi biaya yang diperlukan. Dengan kata lain di sini pembiayaan tersebut di sebut dengan kredit tanpa agunan umroh.

Menabung di Perusahaan Travel Umroh

Menabung di perusahaan travel khusus ibadah umroh juga bisa jadi solusi. Untuk mendaftar sebagai seorang calon jamaah ibadah umroh, Anda harus memberikan beberapa uang sebagai DP atau uang muka. Setelah itu, barulah di sini Anda dapat menabung untuk mengumpulkan sejumlah anggaran sesuai dengan paket yang dipilih.

Cara tersebut bisa membantu Anda agar jauh lebih fokus dalam kegiatan menabung. Tapi penting untuk diingat agar di sini Anda selektif dalam memilih perusahaan travel umroh. Caranya yaitu dengan Anda mencari informasi mengenai track record dari agen atau perusahaan tersebut secara lebih detail.

Selain itu cari tahu mengenai legalitas dari perusahaan secara khusus yang mungkin saja terkait dengan fasilitas menabung untuk kegiatan umroh di perusahaan.

Hemat Pengeluaran

Agar di sini target umroh Anda bisa tercapai tepat waktu maka Anda juga perlu membiasakan dalam menghemat pengeluaran. Anda bisa mengatur dengan cara membuat post pengeluaran meliputi keperluan sehari-hari, tagihan bulanan, hiburan, transportasi dan lain-lain. Akan lebih baik lagi jika Anda lebih mengutamakan tabungan umrah jika dibandingkan dengan kebutuhan lain yang memang dirasa tidak terlalu mendesak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.