September 10, 2022 Cara Mengobati Benjolan Kecil di Leher Berdasarkan Penyebabnya – SehatQ

Cara Mengobati Benjolan Kecil di Leher Berdasarkan Penyebabnya – SehatQ

Tidak jarang jika kita menemukan benjolan di leher kita akan cepat panik. Terlebih lagi jika benjolan kecil di leher terasa sakit dan terus membesar. Tentu Anda harus segera mencari cara untuk mengobatinya agar benjolan bisa kempes dan sembuh.

Apakah Berbahaya Jika Muncul Benjolan di Leher?

Munculnya benjolan kecil di leher sebagian besar tidak membahayakan kesehatan. Namun, jika ukurannya semakin membesar tentunya hal ini harus mendapatkan penanganan.

Pada umumnya, benjolan muncul karena terjadi pembengkakan di kelenjar tiroid. Benjolan yang semakin membesar ini membuat Anda sulit untuk menelan bahkan kesulitan bernapas. 

Cara Mendeteksi Penyebab Benjolan di Leher

Setelah mengetahui munculnya penyakit benjolan di leher, maka Anda perlu mencari penyebabnya. Beberapa benjolan di area leher berpotensi menjadi kanker sehingga untuk pengobatan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya tetap berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosa. Mendeteksi penyakit sangat penting agar bisa mencegah penyebarannya sebelum bertambah parah.

Penelitian menyebutkan bahwa kanker yang terjadi di kepala atau leher ditandai dengan kemunculan benjolan akan mudah disembuhkan. Namun, hal tersebut harus terdeteksi lebih awal sehingga bisa segera ditangani.

Anda bisa melakukan 2 cara untuk mendeteksi benjolan di area leher, yaitu:

  • Lakukan tes pencitraan yang meliputi USG, radiasi sinar-X, CT Scan, dan MRI.
  • Selain itu, Anda bisa melakukan Fine-Needle Aspiration Cytology atau biasa disebut FNAC. FNAC merupakan jenis biopsi dengan cara memasukkan jarum kecil ke benjolan. Serta mengambil sampel sel tumor sehingga bisa dilakukan penelitian.

Cara Mengobati Benjolan Kecil di Leher

Pengobatan benjolan di leher tergantung pada penyebab masing-masing. Jika benjolan sebagai akibat dari infeksi bakteri, maka bisa dilakukan pemberian antibiotik dari dokter. 

Namun, jika benjolan di bagian leher mengarah ke kanker, maka dokter akan meminta Anda melakukan tindakan pembedahan. Sebab, jika tidak ada tindakan tersebut, maka sel kanker bisa menyebar ke kelenjar getah bening. Sehingga akan menyebabkan kanker getah bening.

Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk tindakan pengobatan benjolan di bagian leher, antara lain:

Operasi

Jika benjolan sudah terlanjur membesar dan akan semakin berbahaya, maka perlu tindakan operasi. Selain untuk mengangkat tumor, operasi juga memiliki tujuan memulihkan fungsi menelan dan berbicara. Sebab, kedua hal tersebut terhambat sebagai akibat dari timbulnya tumor.

Pada saat tertentu, operasi plastik atau terapi wicara mungkin perlu untuk mengoptimalkan kulit bekas operasi. Serta gangguan bicara sebagai akibat dari tumor. Jangan pernah ragu untuk membicarakan gejala ini kepada dokter sehingga Anda bisa mendapatkan solusi yang terbaiik.

Terapi Radiasi

Pengobatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan terapi radiasi. Car ini sudah umum dilakukan jika benjolan di leher merupakan tanda dari kanker. Terapi radiasi akan membantu memperkecil sel kanker. 

Selain itu, terapi radiasi bisa membantu menjaga jaringan-jaringan yang masih sehat sehingga terhindar dari kerusakan. Dokter memilih jenis terapi radiasi yang cocok untuk jenis kanker yang Anda derita.

Kemoterapi

Sama halnya dengan terapi radiasi, kemoterapi bisa juga diterapkan pada benjolan yang mengarah ke kanker. Kemoterapi akan membantu mengecilkan tumor sebelum menjalani tindakan operasi atau terapi radiasi. 

Selain itu, kemoterapi bisa meredakan nyeri yang timbul sebagai akibat penyakit kanker. Konsultasikan tindakan kemoterapi dengan dokter agar Anda bisa mempersiapkan diri.

 

Pengobatan benjolan kecil di leher perlu dilakukan sejak dini. Sehingga Anda bisa menghindari risiko penyakit yang lebih besar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.