September 11, 2022 Cegah Nyeri Haid Sebelum Datang, Cara Cepat Haid yang Nggak Bikin Repot!

Cegah Nyeri Haid Sebelum Datang, Cara Cepat Haid yang Nggak Bikin Repot!

Cara cepat haid bisa dilakukan dengan mengontrol berat badan kamu, Charm Girls. Pada perempuan yang mengalami obesitas, biasanya kadar lemak di dalam tubuhnya sangatlah tinggi. Kadar lemak inilah yang kemudian dapat menghambat siklus menstruasi.

Melakukan rileksasi seperti perawatan di salon, meditasi di alam terbuka, atau melakukan aktivitas lainnya juga termasuk cara cepat haid. Saat menjelang masa menstruasi, biasanya tingkat stres kamu meningkat dan suasana hati cenderung berubah-ubah. Stres inilah yang kemudian bisa membuat siklus menstruasi menjadi berantakan.

Cara Mencegah Rasa Nyeri Sebelum Menstruasi Datang

Saat haid memasuki periodenya, biasanya tubuh akan meningkatkan produksinya pada hormon prostaglandin. Hormon ini yang bertanggung jawab menyebabkan rahim menegang dan terus mengalami kontraksi. Kegiatan tubuh itulah yang membuat kram di perut terkadang tidak bisa dihindarkan.

Namun, kamu bisa dengan mudah menyecgah rasa nyeri itu muncul sejak jauh-jauh hari. Berikut beberapa langkah yang Charm Girls bisa lakukan:

1. Hindari konsumsi makanan manis, asin, dan mengandung kafein

Mengonsumsi makanan asin saat menstruasi dapat menyebabkan beberapa masalah. Di antaranya adalah perut kembung, dehidrasi, dan sakit kepala. Sedangkan jika banyak makan makanan manis justru dapat membuat kadar gula darah menjadi berantakan.

Asupan tinggi kafein seperti kopi atau soda yang dikonsumsi saat menstruasi dapat memperparah mood swing kamu. Kesemuanya itu memiliki peran memperparah rasa nyeri saat menstruasi. Maka, ada baiknya untuk menghindari konsumsi ketiga hal tersebut menjelang tanggal menstruasi kamu, ya.

 

2. Konsumsi lebih banyak zat besi, magnesium, dan omega-3

Peradangan saat haid bisa dikurangi dengan mengonsumsi lemak omega-3 dan magnesium. Konsumsi zat besi juga bisa menghindarkan kamu dari masalah anemia saat haid datang menghampiri. 

Charm Girls bisa mendapatkannya dari mengonsumsi salmon, susu, ikan teri, jeruk, tahu, kacang, alpukat, atau brokoli. Kamu juga bisa menemukannya pada sawi, bayam, atau sayuran yang memiliki daun berwarna hijau tua. Tingkatkan konsumsinya saat menjelang haid.

 

3. Olahraga

Rutin melakukan olahraga ringan sebelum haid datang juga dapat membantu mencegah rasa nyeri muncul. Seperti diketahui bahwa saat berolahraga, tubuh kamu menghasilkan senyawa endorfin. Senyawa ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit yang kamu alami saat berada pada periode menstruasi juga dapat menyeimbangkan mood.

Kamu bisa melakukan jogging atau lari-lari kecil. Berjalan kaki juga bisa menjadi opsi yang gampang dilakukan. Dengan rajin berjalan kaki setiap harinya dapat mencegah munculnya nyeri haid kamu.

4. Meminum obat pereda nyeri

Jika kamu memang terbiasa mengalami nyeri haid yang cukup parah saat haid, ada baiknya untuk mengonsumsi obat pereda nyeri. Kamu bisa meminum aspirin atau ibuprofen untuk mengatasinya. Namun, alangkah baiknya jika kamu konsumsi beberapa hari sebelum haid atau minimal 12 jam sebelum jadwal haid tiba.

Obat pereda nyeri ini biasanya bekerja untuk menghambat laju produksi hormon prostaglandin. Hormon ini diketahui menjadi penyebab otot perut tegang dan terus berkontraksi.

Saat menstruasi biasanya area kewanitaan menjadi lebih lembab dan berpotensi memunculkan bakteri yang berbahaya. Maka, kamu harus memilih pembalut dengan lebih selektif, ya. Pilihlah pembalut yang memiliki daya serap yang cepat dan kuat seperti Charm agar aktivitas dan tidur kamu lebih nyaman dan berkualitas.

Mencegah rasa nyeri jauh-jauh hari dengan melakukan empat hal di atas juga termasuk cara cepat haid yang gampang. Haid kamu cepat tuntas dan rasa nyeri yang mengganggu tidak perlu lagi kamu rasakan. Hari-hari akan menjadi lebih produktif dan menyenangkan walau tamu bulanan datang mengetuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.